Siaran Pers Dalam Rangka Memperingati Hari Kesehatan Dunia 2016 di Pasar Modern BSD City, BSD City – BPOM Menandatangani MOU Uji Bahan Makanan

10 April 2016 Events | Google+

Jakarta, 10 April 2016, Pasar Modern BSD City yang dikembangkan Sinar Mas Land, salah satu pengembang terbesar dan terpercaya di tanah air,dipercaya menjadi lokasi peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016 yang digelar hari ini oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, BSD City juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pasar Modern BSD City terpilih sebagai lokasi digelarnya peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016, karena kini Kementerian Kesehatan tengah menggalakan kampanye pencegahan penyakit Diabetes Melitus. Penyakit ini dipicu oleh gaya hidup, dimana salah satunya adalah pola makan dan Pasar sendiri merupakan tempat awal memilih bahan makanan yang dihidangkan. Oleh karena itu juga, event ini juga menghadirkan Dialog Interaktif Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) bersama para penyandang diabetes dengan sub tema “Cegah, Obati, Lawan Diabetes”.

Dhony Rahajoe,Managing Director President Office Sinar Mas Land dalam siaran persnya hari ini mengungkapkan, ”Sinar Mas Land selalu mendukung penuh upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk mengkampanyekan pencegahan terhadap penyakit Diabetes terhadap masyarakat luas. Kami juga berharap lewat MoU dengan BPOM, kami dapat bekerjasama maksimal membangun Mini Lab Pengujian Bahan makanan sehingga mengurangi penggunaan bahan berbahaya pada makanan yang tersaji di Pasar Modern BSD City.”

 

BSD City Menandatangani MoU dengan BPOM

Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Dunia 2016, BSD City sebagai pengelola Pasar Modern menandatangani perjanjian kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang. Hal ini menjadi spesial karena pertamakalinya Pasar Modern yang dikelola swasta menandatangani MoU dengan BPOM.

Dhony Rahajoe lebih dalam menjelaskan, ”Mini Lab yang akan dibangun, nantinya akan dioperasikan oleh BSD City namun tetap dalam pengawasan dan tanggung jawab BPOM. Dengan dibangun Laboratorium ini, bukan berarti BSD menjamin keamanan pangan dari barang- barang yang dijual di Pasar Modern, namun BSD berperan aktif dalam menciptakan Pangan Aman dan Sehat di Pasar Modern BSD. Kedepannya, setelah terbangunnya mini lab, maka bahan pangan yang dijual di Pasar Modern BSD akan di sampling secara berkala oleh petugas Mini Lab tersebut.”

 

Dukung UMKM Melalui Pasar Modern BSD City

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004  diatas lahan seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan demi mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasar Modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

“Pedagang lapak yang besih merupakan “jantung“Pasar Modern dimana orang dapat berbelanja seperti di Pasar tradisonal tapi dalam suasana yang bersih dan tertata apik.Ditempat inilah para pedagang kecil UMKM menjalankan peranannya dengan difasilitasi pengembang melalui pembayaran sewa yang terjangkau,” terang Dhony Rahajoe.

Lebih dalam Dhony Rahajoe juga memaparkan bahwa dalam waktu dekat Pasar Modern 1 akan melaksanakan pengembangan Pasar yang sehat dan aman, ”Kami bekerjasama dengan BPOM setempat untuk pembinaan pedagang tradisional dan penyediaan sarana laboratorium guna pengetesan kandungan zat yang dilarang pada bahan pangan tertentu sehingga akan tercipta pasar modern yang sehat dan aman. Hal yang sama akan direncanakan diterapkan juga di Pasar Modern 2.” Dengan demikian pasar modern BSD City merupakan pasar yang dikelola swasta pertama di Indonesia yang melakukan uji makanan. Program ini merupakan kegiatan CSR BSD City yang memiliki manfaat bersama (Create Shared Value) berupa akan tertanamnya kebiasaan menjaga makanan sehat untuk kepentingan konsumen Pasar Modern BSD City.

 

Sinar Mas Land sendiri akhir tahun lalu kembali meluncurkan Pasar Modern kedua di BSD City yang akan menyediakan lebih dari 800 ruang usaha, demi memberikan kesempatan lebih luas bagi UMKM. Konsep pasar tersebut masih mengangkat pasar tradisional yang dikelola secara modern namun terintegrasi dengan stasiun kereta api dan bis (stasiun intermoda). Pasar Modern 2 di kawasan Intermoda BSD City tersebut memiliki luas 2,6 hektar, terdiri dari 2 lantai dan diisi oleh 539 kios retail, 220 lapak yang langsung terhubung dengan jalur kendaraan pribadi serta koridor terminal shuttle bus dan Trans BSD.

 

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang property terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia.  Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE  telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), Taichung (2013) & Kuala Lumpur (2015), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012, 2013, 2015), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014).

Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan,  dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Panji Himawan

Head of Corporate Communication

Sinar Mas Land

Tel : 021- 50 368 368

Email : panji.himawan@sinarmasland.com