Sinar Mas Land Kembangkan Properti Lewat SML YAC

24 August 2014 Events | Google+

BANDUNG - Guna merangsang kreativitas anak muda dalam dunia properti, Sinar Mas Land (SML) meluncurkan program Sinar Mas Land Young Architect Competition (SMLYAC) 2014. Kegiatan ini berupa sayembara perancangan desain bangunan/arsitektur.

Sayembara ini menyasar mahasiswa jurusan Arsitektur minimal yang sudah mencapai semester tujuh hingga fresh graduate yang baru lulus sampai setahun setelah kelulusan.

Head of Corporate Communication Sinar Mas Land Panji Himawan mengatakan, pendaftaran bagi peserta SMLYAC 2014 dibuka mulai 24 Juni hingga 15 September. Sementara ajang sayembara berakhir pada 20 November 2014.

"Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp675 juta," katanya kepada wartawan, Jumat (29/8/2014).

Ajang ini, kata dia, untuk memberikan kesempatan kepada para arsitek muda Indonesia untuk unjuk bakat dan keterampilan dalam merancang desain arsitektur.

"Dalam ajang ini, mahasiswa jurusan Arsitektur dan Sarjana Arsitek fresh graduate, kami beri kesempatan untuk dapat mengembangkan diri bersama Sinar Mas Land," katanya.

Dia menjelaskan, sayembara ini terdiri dari tiga kategori, yaitu masterplan, commercial development dan residential development. Para peserta sayembara bebas memilih kategori yang disukai dan setiap kelompok peserta boleh mengirimkan karya lebih dari satu alternatif, namun dalam pendaftaran yang berbeda.

SML tidak bekerja sendiri, mereka menggandeng Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) untuk bekerja sama dan melakukan roadshow ke empat kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Di Bandung sendiri kunjungan dilakukan ke kampus ITB dan Unpar.

"Para juri profesional dan berkompeten di bidangnya telah kami siapkan untuk melakukan penilaian pada masing-masing kategori. Misalnya, kategori residensial oleh Gregorius Supie Yolodi yang merupakan arsitek profesional dari IAI," terangnya.

Ada tiga kriteria penilaian, yaitu perencanaan dan rancangan, elemen-elemen rancangan berwawasan hijau, serta pernyataan rancangan.

"Kami harap kegiatan semacam ini dapat memicu anak muda untuk berkarya dan ke depannya bisa memajukan dunia arsitektur di Indonesia," katanya.

(izz)