Sinar Mas Land Tandai Topping Off Proyek BSD GOP 6 dan Luncurkan Grand City Balikpapan

18 March 2014 Events | Google+

Sinar Mas Land, meresmikan pembangunan proyek terbarunya di BSD City, yakni Green Office Park 6 (GOP 6) yang ditandai dengan topping off ceremony. Green Office Park 6 merupakan lot nomor 6 seluas 2 Ha, berada di kawasan Gren Office Park BSD City. Distrik perkantoran terbaru ini menjadi bagian dari kawasan BSD Green Office Park, distrik pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi “Gold” Green district dari BCA (Building Construction Authority) – Singapore. Pembangunan BSD GOP 6 sendiri mengacu akan pentingnya pelestarian lingkungan yang selalu menjadi komitmen Sinar Mas Land yang menjanjikan perpaduan aspek ramah lingkungan dengan suasana hijau nan alami dalam sebuah kawasan.

Tahap akhir dari pembangunan proyek BSD GOP 6 ditandai dengan acara Topping Off Ceremony pada 11 Maret 2014. Pembangunan gedung perkantoran tersebut dilaksanakan sesuai dengan rencana, yaitu dimulai pada kuartal ketiga tahun 2013 dan diharapkan rampung serta dapat beroperasi pada kuartal keempat 2014.

Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land dalam konferensi pers mengungkapkan, ”Pembangunan proyek BSD GOP 6 ini merupakan jawaban Sinar Mas Land dalam memenuhi permintaan masyarakat terhadap kebutuhan gedung perkantoran yang nyaman dan berlokasi strategis. Proyek ini juga menjadi bukti komitmen kuat kami untuk setia pada konsep Green District yang ramah lingkungan dan tentunya mendukung pelestarian alam di kawasan BSD City dan sekitarnya.”

 

Konsep Green District

Proyek BSD GOP 6 ini akan mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinar Mas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan. Hal ini berarti semua bangunan tidak akan dibangun melebihi lima lantai, memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 25%-35%, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standard dari Green district.

Dalam kawasan ini sendiri akan dibangun 9 gedung perkantoran dan sebuah Mall khusus Food and Beverages (F/B Mall) yang memiliki fitur – fitur Green, yakni Microclimate Optimization, Green Transport and Integrated Parking, serta Sustainable Management Practice.

Chief Executive Officer Asset Management Sinar Mas Land, Teky Mailoa menjelaskan,” Fitur – fitur Green tersebut akan diaplikasikan dalam proyek BSD GOP 6. Gedung perkantoran yang dibangun akan memperhitungkan arah mata angin utara dan selatan untuk mengurangi panas matahari, memanfaatkan ventilasi sirkulasi udara dan pencahayaan alami serta menggunakan dinding dan atap hijau yang tentunya ramah lingkungan.” 

Teky Mailoa juga menambahkan bahwa dalam kawasan BSD GOP 6 akan tersedia jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terlindung di sepanjang jalan utama, fasilitas parkir sepeda dan shower room, shuttle bus listrik yang khusus berada dalam distrik, serta lahan parkir yang terintegrasi.

 

Sustainable Management Practice

BSD Green Office Park menawarkan fasilitas terbaik dengan fitur-fitur ramah lingkungan yang didukung oleh desain, konstruksi, pengelolaan serta pemeliharaan yang sustainable. Hal ini diwujudkan dalam bentuk konservasi energi melalui efisiensi air, system pencahayaan yang hemat energy (menggunakan lampu LED), serta praktek daur ulang sampah dan limbah yang ramah lingkungan. Kawasan ini juga sangat memperhatikan arsitektur lansekap, serta pentingnya pelestarian ruang hijau.

Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land memaparkan, “Praktek Sustainable Management ini akan membuat umur bangunan semakin panjang dan memiliki daya tahan tinggi, serta biaya pemeliharaan dan operasional yang rendah, menghemat biaya dalam jangka waktu lama serta meningkatkan tanggung jawab lingkungan dan sosial.”

Ishak Chandra juga menambahkan bahwa dengan adanya udara yang sehat serta lingkungan yang bersih juga berimbas pada produktifitas kerja karyawan karena kesehatannya terjaga. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kinerja perusahaan menjadi semakin meningkat.

Green Office Park 6 merupakan gedung perkantoran yang memiliki nilai tambah karena berada dekat dengan perumahan, dimana tidak banyak yang memiliki nilai tambah seperti itu. 

Ditunjang dengan berbagai fasilitas yang komplit seperti adanya The Breeze BSD City, Teraskota, Eka Hospital,  Prasetya Mulya Business School, Swiss German University, Wisma BCA, hingga Aeon Mall BSD City dan Indonesia International Expo & Convention Centre (IIECC) kemudahan akses transportasi, membuat BSD GOP 6 menjadi pilihan terbaik untuk menjalankan beragam usaha dan  bisnis.

 

Luncurkan Grand City Balikpapan

Sementara itu untuk menyasar segmen property di kota Balikpapan, Kalimantan timur, Sinar Mas Land telah menyiapkan Grand City Balikpapan. Proyek hunian ini melanjutkan kesuksesan menghadirkan 2 proyek property sebelumnya, yakni Balikpapan Baru dan Balikpapan Permai.

Sinar Mas Land membangun proyek Grand City Balikpapan di atas lahan seluas 220 hektar yang nantinya akan terdiri dari perumahan berkonsep cluster dengan desain arsitektur modern, serta penataan master plan bertaraf kota yang mengedepankan 6 unsur penting kehidupan: live, work, learn, recreation, sport, dan lifestyle. Perumahan tersebut juga akan dilengkapi beragam fasilitas untuk memanjakan penghuninya dalam mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan ketentraman demi menghadirkan pengalaman kehidupan terbaik.

Ishak Chandra, Managing Director Corporate Strategy and Services Sinar Mas Land dalam siaran persnya hari ini mengungkapkan,”Sinar Mas Land berupaya menjawab minat dan kebutuhan masyarakat di Kota Balikpapan terhadap hunian berkualitas dengan menghadirkan Grand City Balikpapan. Proyek perumahan ini akan dilengkapi fasilitas terbaik, berpadu dengan lingkungan hunian nyaman nan tentram yang dipersembahkan khusus bagi para penghuninya.”

 

Siapkan 2 Cluster, Forestville & Pineville

Proyek Grand City Balikpapan dibangun di atas lahan seluas 220 meter, namun untuk tahap awal akan dibuka 40 hektar dengan 2 cluster perumahan, Forestville dan Pineville. Konsep lingkungan yang ditawarkan dalam 2 cluster tersebut lebih menonjolkan konsep hijau bernuansa forest yang menggabungkan antara hunian dengan taman-taman hijau nan rimbun.

Khusus untuk cluster Forestville menawarkan 7 tipe rumah yaitu tipe 56, 79, 95, 133, 148, 191 dan 245. Khusus untuk rumah bertipe 56 akan dibangun 1 lantai, sedangkan untuk seluruh rumah tipe lainnya akan dibangun 2 lantai. Untuk akses jalan pintu gerbang utama terdapat di jalan MT.Haryono dengan main road (boulevard) selebar 32 meter dan nantinya akan tembus menuju jalan Soekarno –  Hatta Km 7 dan Km 8 yang merupakan jalan utama menuju Samarinda.

“Kedepannya, di Grand City Balikpapan juga akan dibangun kawasan komersial yang mengedepankan lifestyle and entertainment center, apartemen dengan desain modern dan juga perkantoran yang mengadopsi konsep Green Building,” papar Ishak Chandra.

 

Dilengkapi Beragam Fasilitas Modern

Proyek perumahan Grand City Balikpapan akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang terbaik bagi para penghuni berupa sarana pendidikan, pusat kesehatan, sarana olahraga, tempat ibadah, dan fasilitas lain untuk menunjang kehidupan sehari – hari. Tak hanya itu, di dalam kawasan Grand City akan dibangun danau buatan di atas lahan seluas 5,3 hektar yang berguna untuk mengendalikan air hujan serta dapat dinikmati sebagai tempat wisata.

Grand City Balikpapan juga dikelilingi fasilitas umum yang berada di sekitar kawasan, seperti RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo, hotel, mall, terminal bus antar kota, serta Bandara Internasional Sepinggan yang dapat diakses hanya dalam waktu 15 menit.

 

Balikpapan yang Potensial

Sinar Mas Land memiliki alasan khusus dalam memilih Balikpapan sebagai ladang bisnis proyek hunian. Hal tersebut dikarenakan Balikpapan adalah kota dengan tingkat pertumbuhan paling pesat di Kawasan timur Indonesia (KTI). Kota ini memiliki potensi market yang besar dari segi bisnis properti karena keberadaan beberapa perusahaan Migas seperti Pertamina, PT Chevron Pacific Indonesia, Total E&P Indonesia, hingga PT Vico Indonesia. Tak hanya itu, saat ini sektor properti tengah berkembang pesat di Balikpapan, baik di sektor perumahan, komersial, perkantoran, maupun kawasan industri. “Meskipun bisnis property masih bersifat lokal, situasi ini membuat Kota Balikpapan menjadi lahan investasi yang menjanjikan bagi Sinar Mas Land,” tutup Ishak Chandra. (*)