9 Perusahaan Nasional Raih Economic Challenge Award 2017

22 November 2017 News Archive | Google+

METRO TV memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan nasional Economic Challenge Awards 2017.

Perusahaan-perusahaan tersebut dinilai memiliki kemampuan berinovasi, tranformasi dan mampu menjawab tantangan di tengah situasi perubahan zaman dan kondisi perekonomian yang cenderung stagnan.

Malam penganugrahaan penghargaan yang dihadiri Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadi Muliono dilakukan di Grand Studio Metro Tv, Selasa (21/11) malam.

"Memang harus diakui bahwa kondisi perekonomian nasional kita selama 3 tahun terakhir dalam kondisi stagnan, dengan pertumbuhan di angka 5%. Dalam situasi seperti ini, ditambah perubahan zaman yang menuntut perubahan, Metro Tv pantas memberi apresiasi pada para pelaku usaha yang tetap memperlihatkan kinerja terbaiknya, mampu melakukan terobosan, inovasi, kreativitas tiada henti, bahkan masih mampu berinvestasi," kata Direktur Utama Metro Tv Suryopratomo.

Pria yang juga pembawa acara Economic Challenges ini mengungkapkan tema yang diambil dalam Economic Challenge (EC) Awards 2017 adalah Leading The change.

"Karena kita ingin agar perusahaan-perusahaan ini memberikan inspirasi bagi yang lain agar terus berkreasi, berinovasi, dan memimpin perubahan. Kita tentu berharap agar sektor swasta ini terus didorong untuk mengerek pertumbuhan ekonomi kita sehingga di tahun mendatang bisa tumbuh di atas 5%," sambung Tomy, sapaan akrab Suryopratomo.

Salah seorang juri EC Awards 2017 Agustinus Prasetyantoko menambahkan, salah satu kunci yang menjadi kriteria penilaian dalam menentukan perusahaan yang mendapat penghargaan adalah sejauh mana tranformasi bisnis yang dilakukan.

"Kata kuncinya adalah tranformasi bisnis dalam era yang memang sudah sangat berubah, dan itu harus dilakukan dalam segala sisi," tegas pengamat ekonomi sekaligus rektor Universitas Katolik Indonesia Atmajaya tersebut.

Beberapa penilaian secara khusus juga dilakukan pada kinerja keuangan perusahaan dan tata kelola organisasi. "Tentu saja kita melihat sejauh mana kinerja keuangannya, bagaimana manajemen bisa survive, proses rehabilitasi apa yang dilakukan dalam upaya pengembangan organisasi. Dan sejauh mana dalam situasi saat ini mampu melakukan pengembangan, misalnya dalam hal investasi," tambah ekonom Aviliani, salah seorang juri.

EC Awards 2017 kali ini diberikan kepada 9 perusahaan untuk 9 kategori dan 1 tokoh CEO untuk kategori CEO of The Year. Berikut pemenang EC Awards untuk masing-masing kategori;

1. Kategori perbankan dimenangi PT Bank Central Asia, Tbk
2. Kategori consumer & ritel dimenangi PT Unilever Indonesia, Tbk
3. Kategori construction dimenangi PT Waskita Karya (Persero), Tbk
4. Kategori industri Kreatif dimenangi PT Go-Jek Indonesia
5. Kategori energi dimenangi oleh Star Energy Group Holdings Ltd
6. Kategori infrastruktur dimenangi PT Kereta Api Indonesia
7. Kategori farmasi dimenangi PT Kalbe Farma
8. Kategori properti dan real estate dimenangi PT Bumi Serpong Damai
9. Kategori telekomunikasi dimenangi PT Telkom Indonesia
10. Ketegori CEO of the year diberikan kepada CEO Barito Pacific Prajogo Pangestu. (OL-4)

Source : http://mediaindonesia.com/news/read/133188/9-perusahaan-nasional-raih-economic-challenge-award-2017/2017-11-21