iOS 11 vs Android O? Who’s the Winner?

11 June 2017 OneSmile | Google+

Sejak awal muncul hingga kini, persaingan Android dan iOS tetap keras. Yang terbaru, yaitu Android dengan versi O dan iOS dengan iOS 11-nya. Masing-masing memiliki kelebihan dibanding yang lainnya. Satu hal yang pasti, Android dapat dioperasikan pada banyak jenis handset sementara iOS hadir hanya untuk handset keluaran Apple. Lalu, siapa yang lebih unggul? Kamu bisa tentukan sendiri jawabannya dengan melihat perbandingannya pada fitur-fitur di bawah ini:

Notifications

Baik iOS 11 dan Android O memiliki fitur notifikasi yang akan muncul dengan cara menggeser layar ke bawah saat mode terkunci. Keduanya memungkinkan interaksi dengan stacked view.

Bedanya, Android O akan hadir dengan tampilan notifikasi yang lebih tertata dan otomatis dikelompokkan per aplikasi. Sementara versi terbaru iOS menghilangkan kemampuan sortir per aplikasi pada iOS 10 dan menggantinya dengan menampilkan notifikasi berdasarkan kebaruan events. Hal ini memungkinkan kamu untuk melewatkan pesan penting karena tertutup oleh notifikasi dari games atau aplikasi lain.

Kemampuan untuk Memilih Default Apps

Seperti versi-versi sebelumnya, Android O memungkinkan kamu untuk memilih aplikasi default untuk sejumlah fitur. Berbeda dengan iOS 11 yang akan tetap membuka aplikasi Mail saat kamu memilih membuka alamat e-mail lewat Safari. Contoh lainyya, kamu akan secara otomatis dialihkan ke aplikasi Maps saat mencoba mendapat navigasi dari Google padahal kamu lebih sering menggunakan Waze atau Google Maps.

Augmented Reality

Konsep ini memang masih agak “abu-abu”. Tetapi, iOS dikabarkan akan menginstalasi fitur AR segera. Fitur AR akan hadir dengan aplikasi kamera tersendiri dan memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan keadaan sekitar dalam wujud memberi filter atau pun memberi navigasi dan keterangan lanjut tentang suatu produk atau tempat.

AR pada iOS 11 akan dapat digunakan layaknya layanan iMessage pada iOS 10, yaitu dapat digunakan hanya dengan platform tertentu.

 

Jadi, sistem operasi mana yang menurutmu lebih unggul? Tentukan sendiri, ya!