Karawang, 30 Juli 2021 – Sinar Mas Land melalui Karawang International Industrial City (KIIC) terus menyelenggarakan sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR) pada berbagai bidang di antaranya sosial masyarakat, lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Seiring dengan pengembangannya, KIIC yang merupakan proyek joint venture antara Sinar Mas Land dengan Itochu Corporation dari Jepang ini terus berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, khususnya pada saat pandemi Covid-19.

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, KIIC bersama dengan asosiasi tenant menyerahkan 56 ekor bantuan hewan kurban yang terdiri dari 3 sapi dan 53 kambing/domba kepada masyarakat yang membutuhkan pada Rabu (21/7). Bantuan tersebut merupakan salah satu kegiatan CSR dibidang sosial kemasyarakatan. Selanjutnya, penyerahan hewan kurban ini didistribusikan ke sejumlah desa di antaranya Desa Margamulya, Margakaya, Wadas, Sukaluyu, Sirnabaya, Puseurjaya, dan Pinayungan. Sebelumnya, pada Senin (19/7), Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) juga telah menyerahkan 330 hewan kurban kepada masyarakat dibeberapa titik lokasi perusahaan di antaranya BSD City, Jakarta, Depok, Cibubur, Surabaya, dan Balikpapan.

“Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen meningkatkan hubungan silaturahmi yang baik antara perusahaan dengan masyarakat sekitar. Terlebih disaat pandemi dan PPKM, perusahaan melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land merasakan keprihatinan yang mendalam khususnya kepada warga terdampak. Oleh karenanya, penyerahan bantuan hewan kurban ini menjadi salah satu upaya kami untuk membantu mengurangi beban para warga disaat menghadapi wabah Covid-19,” ujar Dewan Pembina Yayasan Muslim Sinar Mas Land yang juga menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe. Ia berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Ke depan, KIIC terus berkomitmen untuk membantu masyarakat serta memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan sosial.

Lebih detail, Dhony menjelaskan dalam bidang lingkungan, KIIC membangun Telaga Desa Agro-enviro Education Park sebagai pusat penelitian, pendidikan, pelatihan, pelestarian tanaman langka, dan ekowisata. KIIC bersama tenaga ahli Telaga Desa memberikan bantuan kepada Kelompok Wanita Tani yang juga Tim Penggerak PKK Desa Sukasari berupa bibit tanaman penghijauan, bibit tanaman obat keluarga, bibit tanaman sayuran, bibit ikan lele, dan pendampingan. Selanjutnya perusahaan juga aktif menyelenggarakan program penghijauan seperti penanaman pohon jati dan bakau di lingkungan perusahaan serta berpartisipasi dalam kegiatan go green yakni Citarum Harum Juara.

Dalam bidang pendidikan, KIIC telah menyalurkan beasiswa, peralatan sekolah yakni komputer, dan renovasi gedung sekolah di sekitar lingkungan perusahaan. Selanjutnya, di bidang Kesehatan KIIC membangun Posyandu untuk warga serta berpartisipasi dalam kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) melalui Posyandu bagi tujuh desa. Untuk menjaga Kesehatan di lingkungan sekitar, perusahaan juga rutin melaksanakan fogging emergency dan donor darah bersama warga. KIIC pun aktif memberikan pelatihan dan kewirausahaan bagi warga desa sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan di bidang ekonomi masyarakat di antaranya pelatihan menjahit dan pembinaan warga melalui program peningkatan usaha mikro dan kecil (P2UMK).

Selain kegiatan CSR KIIC, Sinar Mas Land juga turut mendukung pemerintah dalam memerangi Covid-19 melalui sejumlah kegiatan di antaranya penyaluran bantuan alat test Covid-19, APD, bahan pokok, obat-obatan, multivitamin, hand sanitizer hingga program sentra vaksin. “Untuk menangani pandemi Covid-19 diperlukan peran aktif dari berbagai pihak. Sinar Mas Land bersama dengan pemerintah bahu membahu menangani pandemi sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak,” tutup Dhony. (*)