Jakarta, 12 April 2019 - Sinar Mas Land, berkolaborasi dengan NXL Esports Center mengajak para gamer Indonesia menjadi bagian dari komunitas digital di BSD City. Kerja sama ini direalisasikan dengan dibukanya NXL Esports Center di The Breeze, BSD City pada Jumat, 12 April 2019. Esports Center ini menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mengedukasi para gamer Indonesia. Mengusung konsep open to public, para menggemar Esports bisa menjelajah berbagai ruang/ spot seperti gaming room PC, gaming room mobile, gaming room consol, conference room, streaming room, trophy room, dan merchandise store dengan total luas lebih dari 230 meter persegi. Di NXL Esports Center ini, terdapat sejumlah game yang biasa masuk dalam kategori Esports diantaranya adalah: CS:GO, Mobile Legends, Hearthstone, PUBGM, FreeFire, dan lain lain. Bagi yang ingin berlatih di tempat ini syaratnya mereka harus menjadi pemain profesional yang dikontrak oleh NXL. Selain akan dimanjakan dengan sejumlah sarana Esports, bagi para gamer yang ingin berlatih dan belajar di NXL Esports Center The Breeze ini juga akan mendapatkan mentoring dari para gamer profesional NXL.

Keberadaan NXL Esports Center di BSD City bertujuan untuk menjadi tempat berlatih para atlet tim NXL, serta menjadikan BSD City sebagai pusat berkumpulnya komunitas digital di Indonesia. Lebih jauh, pusat pelatihan Esports juga akan membangun potensi industri gaming dan mendorong sektor ekonomi digital nasional. Dalam Global Games Market Report 2018, Indonesia menduduki peringkat 20 besar dari segi pendapatan sektor gaming, yakni sebesar US$1,130 miliar atau sekitar Rp.16 triliun. Angka tersebut diraih oleh 47 juta gamer di Indonesia. Angka ini akan terus tumbuh apabila didukung dengan ekosistem dan iklim yang baik. Kolaborasi antara Sinar Mas Land dan NXL ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda Indonesia untuk memajukan industri game tanah air sebagai wadah untuk mengembangkan potensi para gamer Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.

Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengatakan, “Perkembangan Esports di Indonesia luar biasa, disini kami mengajak NXL untuk hadir melengkapi ekosistem digitaldi BSD City. Game merupakan hal yang populer di kalangan anak muda Indonesia dan dapat menjadi sarana kegiatan positif dalam memanfaatkan teknologi digital. Komunitas gamer Indonesia juga memiliki potensi yang besar untuk mendorong perekonomian digital Indonesia, namun terkadang banyak orangtua belum memahami hal ini, terkadang mereka berpikir negatif anak yang bermain game, nah disini kami mau ubah mindset tersebut. Oleh karena itu, Sinar Mas Land berupaya untuk menyediakan fasilitas yang mendukung perkembangan ekosistem Esports tersebut dengan membuka NXL Esports Center di The Breeze, BSD City. Harapannya akan semakin banyak digital talent yang masuk ke BSD City untuk berkreasi, belajar, dan berkarya baik khususnya para pecinta Esports.”

Richard Permana, CEO NXL Esports menambahkan, “Kami sangat senang mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam mengembangkan komunitas gamer di BSD City. Di NXL Esports Center, kami mengembangkan program untuk melatih para gamer dalam hard skill maupun soft skill seperti team work untuk meraih kemenangan.”

NXL Esport Center melengkapi ekosistem digital di BSD City

Kehadiran NXL Esports Center di BSD City merupakan pelengkap komunitas digital yang ada di BSD City. Sebelumnya BSD City telah berhasil mengundang sejumlah perusahaan startup digital, animasi, dan coding untuk membuka usahanya di kawasan ini. Sejumlah institusi pendidikan di bidang koding telah hadir di BSD City seperti Apple Developer Academy, Binar Academy, Techpolitan, Purwadhika, dan Creative Nest Indonesia. Keberadaan institusi tersebut berguna untuk mensupply para developers ke sejumlah perusahaan yang sudah ada di BSD City.  Komunitas ini nantinya akan mengisi kawasan Digital Hub yang memiliki area seluas 25,86 Ha dan terletak di bagian selatan BSD Green Office Park.

Di NXL Esports Center, nantinya para pengunjung baik fans maupun gamers bisa merasakan bermain Esports. Tidak hanya itu, para peserta juga bisa belajar dan menguji kemampuan diri dengan fasilitas yang telah disediakan. NXL merupakan salah satu team Esports tersukses dan tertua yang berasal dari Indonesia. Sejak tahun 2005, ratusan prestasi nasional dan internasional telah ditorehkan oleh para atlet esport NXL. Prestasi ini, merupakan bukti nyata profesi gamer dapat membanggakan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. “Kami menilai ini adalah next level team kami dengan membuka open to public facility seperti ini, dimana sebelumnya banyak penggemar kami yang mengeluhkan ingin mendukung serta ingin menonton aksi kami, tapi tidak memiliki akses langsung untuk datang ke markas kami. Ke depannya, NEC akan sering mengadakan event untuk melayani komunitas game tertentu dengan beragam turnamen, kelas pengajaran, dan nonton bareng misalnya.” Ujar Richard Permana

NXL dilengkapi dengan fasilitas high end seperti PC Case, Solusi Termal, dan Power Supply dari Cooler Master. Cooler Master merupakan merek komponen dan periferal komputer global yang berbasis di Taipei, dengan rekam jejak lebih dari 26 tahun untuk menunjang para professional gamer. Sebagai merek gaming terkemuka di dunia, NXL juga bekerja sama dengan MSI, merupakan perusahaan PC terpercaya dalam gaming dan esports. MSI telah mendedikasikan komitmennya untuk mendukung gamer dan komunitas esports. Mengingat perkembangan esports di tanah air semakin pesat peningkatannya, MSI turut memberikan kontribusinya dengan menjadi sponsor utama dari team NXL sejak tahun 2018.

MSI telah menjadi saksi bahwa selama setahun belakangan ini team NXL telah berkembang dan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk dunia esports di Indonesia. Dengan adanya NXL Esports Center ini, kedepannya tentu akan ada berbagai macam aktivitas yang diselenggarakan bersama dengan MSI. Salah satunya yang sudah direncanakan adalah MSI x NXL Classroom, dimana gamer secara langsung dapat mencoba dan mempelajari berbagai hal terkait dengan produk MSI sendiri maupun mengenai dunia gaming.

Prestasi tim NXL juga menarik perhatian JD.ID yang pada 2018 juga mendukung ajang JD.ID High School League (JD.ID HSL), ajang Liga esports SMA pertama dan terbesar di Indonesia. “Sesuai dengan misi JD.ID yaitu Advancing Indonesia, JD.ID melihat industri gaming sebagai salah satu bidang yang perlu dikembangkan demi mencapai misi tersebut. Kerja sama dengan tim NXL merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk memperkuat ekosistem industri gaming di Indonesia. Kami berharap pembukaan fasilitas terbaru NXL ini dapat menjadi rumah pendukung bagi generasi muda Indonesia untuk bertransformasi menjadi generasi esports unggulan di masa depan,” tutur Henry Yacob, Head of Gaming and Computer Accessories JD.ID. (*)

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia.  Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018).  

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation,Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Tentang JD.ID

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Head of Public Relations and Social Media

Sinar Mas Land

Tel            : 021- 50 368 368

Email        : Atikah.sunarya@sinarmasland.com