BSD City, 26 April 2020 — Pemerintah saat ini mengimbau masyarakat agar bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah untuk menekan penyebaran Covid-19. Untuk mendukung kebijakan pemerintah tersebut, Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD, dan Fresh Market Kota Wisata Cibubur telah menyediakan layanan pesan – antar bagi warga. Layanan tersebut bertujuan agar warga tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari – hari di saat pandemi Covid-19 tanpa harus keluar rumah.

Menurut Kepala Pasar Modern BSD City, Muhamad Bakri, Selain layanan Pesan – Antar, pihaknya telah melakukan sejumlah tindakan diantaranya rutin melakukan penyemprotan disinfektan setiap Jumat malam dan Selasa malam. “Ini bertujuan agar meminimalisasi penyebaran Covid-19, baik di dalam maupun luar pasar. Penyediaan hand sanitizer untuk mencuci tangan bagi para pengunjung dan pedagang di setiap lobi Pasar Modern BSD City pun tidak dilupakan. Selain itu, sebelum memasuki ke dalam pasar, para pengunjung juga diukur suhu tubuhnya menggunakan thermogun, serta terdapat bilik disinfektan di pintu masuk selatan pasar. Pihak pengelola juga melakukan himbauan secara teratur melalui pengeras suara agar para pengunjung dan pedagang tetap jaga jarak selama beraktifitas di dalam pasar.” tambahnya.

Bakri melanjutkan, program pesan antar juga mendukung masyarakat agar melakukan belanja di rumah sehingga tidak menciptakan kerumunan di pasar. Saat ini pengunjung pasar sudah tidak terlalu ramai terlihat karena ada penurunan lot parkir per hari dari sekitar 600 kendaraan pada hari normal menjadi 200 pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Tidak jauh berbeda yang terjadi pada Pasar Modern BSD City, pihak pengelola Pasar Intermoda BSD juga meluncurkan program serupa yakni Simoda alias Siap Mo’ Diantar. Kepala Pasar Modern Intermoda BSD City, Deddy Wirman, berharap program tersebut memberikan kontribusi nyata agar para penghuni tetap berada di rumah tanpa kekurangan bahan pokok selama beberapa waktu. Pemesanan langsung dapat dilakukan kepada pedagang. Sistem pengantaran sesuai kesepakatan antara pedagang dengan konsumen.

Deddy mewanti-wanti kepada warga agar memastikan nama, alamat, dan nomor telepon yang diberikan kepada pedagang sudah sesuai sehingga pengiriman kebutuhan pokok menjadi mudah. Kualitas barang pesanan merupakan tanggung jawab pedagang, bukan manajemen Pasar Modern Intermoda BSD City. Warga yang ingin mengetahui perkembangan terbaru setiap hari dapat melihat Instagram @Pasarmodernintermodabsd.

Fresh Market Kota Wisata pun ikut mendukung seruan pemerintah untuk belanja dari rumah. “Program #SociaIDistancing Fresh Market Kota Wisata. berinisiatif membantu warga agar lebih nyaman berbelanja dari rumah dengan menyediakan informasi terkait tenant-tenant Fresh Market,” ujar Hogeny N, Estate Management Department Head.

Hogeny menjelaskan program itu lebih rinci bahwa warga Kota Wisata dapat langsung memesan kebutuhan sehari-hari, seperti beras, sayur-mayur, daging, bumbu dapur, buah, dan kebutuhan pokok lain dari pasar melalui layanan WhatsApp. Transaksi (pemesanan dan pembayaran) dilakukan secara langsung antara warga Kota Wisata dan penjual di lapak Fresh Market Kota Wisata.

Pesanan itu akan diantar oleh masing-masing penjual ke pembeli. Di sisi lain, Hogeny mengingatkan kesepakatan transaksi dan pengantaran bukan tanggung jawab Fresh Market Kota Wisata. Kualitas dan kuantitas barang pun merupakan tanggung jawab penuh penjual. “Ayo dukung program pencegahan Covid-19 dengan mengikuti anjuran pemerintah, #SocialDistancing, sehingga warga tetap sehat dan selamat dari penyakit yang belum ada vaksin atau obatnya itu,” tandasnya.

Selain itu, tiga pengelola pasar modern itu memastikan bahwa di setiap penjuru pintu masuk disediakan tempat cuci tangan agar setiap pengunjung selalu dalam keadaan bersih. Pada tiap pintu masuk pun ada pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun. Serta terdapat bilik disinfektan di pintu masuk pasar, dan tersedia ruang tunggu bagi para pengunjung. Selain itu, pengelola pasar juga kerap memberikan himbauan secara teratur agar para pembeli dan penjual tetap jaga jarak selama proses berbelanja. Lantas setiap 3 hari sekali selalu ada penyemprotan disinfektan. Para pedagang, pengunjung pasar, pihak keamanan juga diwajibkan menggunakan masker. Mereka juga memastikan tidak ada lagi pengunjung yang duduk di kafe karena hanya melayani delivery atau pengiriman pesanan saja.

Meskipun ketiga pengelola pasar yakni Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda BSD serta Fresh Market Kota Wisata telah melakukan berbagai tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di dalam pasar, namun mereka tetap menyarankan para penghuni agar tetap berbelanja kebutuhan pokok dari rumah, menggunakan layanan yang telah disediakan oleh mereka. (*)

Dukungan Sinar Mas Land Mencegah Penyebaran Covid-19

Semenjak resmi dinyatakan pandemi Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Sinar Mas Land melakukan berbagai upaya untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus tersebut. Upaya yang dilakukan perusahaan di beberapa bidang diantaranya bantuan alat kesehatan, bantuan bahan pangan dan lain lain. Bantuan berupa alat Kesehatan meliputi pengadaan 25.000 rapid test kit yang disumbangkan kepada Kementerian Kesehatan, beberapa pemerintah daerah serta instansi kesehatan terkait lainnya. Penyelenggaraan 100.000 rapid test Covid-19 bagi warga sekitar BSD City dengan sistem drive-thru yang merupakan kerja sama Sinar Mas Land dan Homecare 24.

Penyaluran ribuan masker kain yang didistribusikan ke sejumlah puskesmas di Tangerang Selatan, RSCM, sejumlah sekolah yang tergabung dalam Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), 100 masjid di kawasan BSD City, serta personel TNI-POLRI di wilayah Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan wilayah Karawang Jawa Barat seperti Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang. Selain itu Sinar Mas Land mendistribusikan lebih dari 210.000 liter hand sanitizer ke Batam, Kabupaten Karawang, sejumlah desa di sekitar kawasan Kota Deltamas Cikarang Jawa Barat, serta ke Wilayah Tangerang Raya.

Sebanyak 5.240 liter cairan disinfektan juga disalurkan ke pemukiman warga di sekitar BSD City, Kota Deltamas Cikarang, hingga KIIC Karawang. Untuk melindungi tenaga medis dari terinfeksi virus Covid-19 perusahaan juga menyerahkan (alat pelindung diri) APD sebanyak 1.750 yang kemudian disalurkan ke sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Ada pula bantuan 350 face shield, tempat cuci tangan portable, dan alat pengukur suhu tubuh.

Perusahaan juga mendistribusikan bahan pangan yaitu 1,5 ton beras dan 250 kardus mie instan kepada warga sekitar BSD City, Cikarang dan Karawang. Sebanyak 10.500 paket bahan pangan juga didistribusikan secara bertahap untuk warga terdampak Covid-19 di wilayah Jabodetabek. Selain distribusi bahan pangan, Sinar Mas Land juga mendistribusikan 3.000 nasi kotak siap santap serta 30.000 kapsul vitamin C dan E. Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Sinar Mas Land memberikan paket bantuan bagi para pemakmur masjid (para takmir, muadzin, imam dan marbot) di 100 masjid sekitar BSD City berupa Al-Qurán, masker, kapsul vitamin C dan E, beras dan mie instan.