Jakarta, 21 Februari 2019 - Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia, bekerjasama dengan Kawan Lama Group, sebuah perusahaan ritel, industrial dan property & services berskala nasional akan membangun sebuah shopping mall di Grand Wisata Bekasi. Ini merupakan bagian dari kerjasama kedua belah pihak yang dimulai sejak penandatanganan kerjasama/joint venture pada 30 Mei 2018 lalu, yang dilakukan untuk mengembangkan beberapa proyek mixed-usesertamemaksimalkan penataan konsep pemukiman, bisnis dan perdagangan, jasa, serta rekreasi di sejumlah proyek Sinar Mas Land. 

Penandatanganan kesepakatan kerjasama pembangunan proyek mall di Grand Wisata Bekasi ini dilakukan pada hari Kamis, 21 Februari 2019 antara Sinar Mas Land melalui PT Putra Alvita Pratama dengan Kawan Lama Group melalui PT Inti Gemilang Bangun Perkasa. Mall ini merupakan proyek kedua setelah proyek pertama yang berlokasi di Kota Wisata Cibubur dengan konsep mixed-use development. Nilai investasi yang dialokasikan untuk pembangunan mall di Grand Wisata Bekasi ini sejumlah Rp 900 Miliar dengan komposisi share sebesar 60% (enam puluh persen) untuk PT Inti Gemilang Bangun Perkasa dari Kawan Lama group dan 40% (empat puluh persen) untuk  PT Putra Alvita Pratama dari Sinar Mas Land. Pembangunan mall dilakukan di atas lahan seluas 7,5 hektar dan dibagi dalam dua tahap. Untuk tahap pertama, lahan yang akan dikembangkan adalah seluas 4,2 hektar. Pembangunannya akanmulai dilakukan pada tahun 2020 dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2022. 

Pembangunan shopping mall dipilih dalam kerjasama ini karena meningkatnya jumlah residensial dan industri di daerah Bekasi, sehingga memiliki potensi pada meningkatnya daya beli serta jumlah kebutuhan terhadap meeting points, fasilitas food and beverages, pusat rekreasi, hiburan dan perbelanjaan.

Sedangkan Bekasi dipilih sebagai lokasi proyek saat ini karena letaknya yang strategis didukung dengan area perumahan dan perindustrian,serta jalan tol yang memudahkan akses dari/ke kawasan industri dan perumahan di Cikarang maupun ke pusat kota Jakarta dan sekitarnya. Grand Wisata Bekasi juga berada di koridor LRT trayek Bekasi Timur - Cawang yang merupakan salah satu dari dua koridor yang dikembangkan pada tahap pertama pembangunan LRT Jabodetabek. Konsep Transit-Oriented Development ini akan mempermudah akses dari/ke Jakarta sehingga memberikan potensi yang baik bagi perkembangan ekonomi di Grand Wisata Bekasi serta wilayah sekitarnya. 

“Pertumbuhan wilayah Bekasi yang pesat membuat kami memutuskan untuk membangun sebuah shopping mall di Grand Wisata Bekasi. Selain sebagai sarana untuk pusat belanja dan hiburan, diharapkan proyek mall ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Bekasi, yaitu salah satunya dengan penyerapan tenaga kerja warga sekitar. Kami juga berencana untuk melanjutkan kolaborasi kedua perusahaan ini ke sejumlah proyek Sinar Mas Land lainnya serta daerah potensial lainnya di seluruh Indonesia”papar Herry Hendarta, CEO Residential Sinar Mas Land.

Kuncoro Wibowo, Chairman Kawan Lama Group menambahkan “Melalui kerjasama ini, kami saling melengkapi dengan expertise masing-masing. Sinar Mas Land menyediakan lahan strategis dan mengembangkan kompleks propertinya, sedangkan Kawan Lama Group mengembangkan dan me-manage mall. Kami percaya bahwa sinergi ini merupakan suatu kolaborasi strategis jangka panjang untuk mengoptimalkan bisnis kedua belah pihak”

Kawan Lama Group adalah sebuah perusahaan induk yang bergerak dalam sektor retail untuk perlengkapan rumah tangga, furnitur, gaya hidup, food and beverage, industrial, property and services, dan bisnis online yang telah berpengalaman lebih dari 63 tahun, bekerjasama dengan Sinar Mas Land yang merupakan sebuah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam mengembangkan perumahan, apartemen, pusat berbelanjaan dan kawasan industri. Kedua perusahaan menyadari bahwa kondisi market saat ini lebih kompetitif, sehingga diharapkan melalui kerjasama ini Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land dapat berkolaborasi untuk mengembangkan berbagai produk properti yang unggul di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia. 

#####

Grand Wisata Bekasi Hunian di Timur Jakarta

Akses tol langsung memang salah satu faktor utama memilih hunian di kawasan pinggiran Jakarta, karena memudahkan bagi para penghuni untuk bepergian ke Jakarta ataupun kota-kota sekitarnya seperti Bandung dan Bogor. Inilah yang jadi salah satu keunggulan kawasan Grand Wisata karena kawasan ini memiliki akses tol langsung melalui ruas tol Jakarta-Cikampek di KM 21 (tol Tambun).

Kawasan Grand Wisata yang memiliki total luas lahan sekitar 1.100 hektar ini juga memiliki berbagai fasilitas premium lainnya seperti sekolah IPEKA, Notredame Catholic School, dan Al-Azhar Moslem School yang terdiri dari jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama. Rumah Sakit Umum Hermina, Eka Hospital, sarana olahraga dan SPBU Shell juga telah hadir. Selain itu, di kawasan Grand Wisata juga sudah terdapat pasar modern yang menyediakan berbagai kebutuhan penghuninya. Selain itu tersedianya berbagai pilihan tempat makan seperti KFC, Burger King, Mc Donald’s, Pizza Hut, Café Walk dan pusat jajan terbaru Gelar Warung menambah kenyaman penghuni dan pengunjung makin lengkap,terdapat juga Go Wet Waterpark berskala internasional hadir dengan luas 7,5 Ha.            

Tentang Kawan Lama Group

Kawan Lama Group merupakan perusahaan industial, ritel, dan properti & services terkemuka di Indonesia yang hadir sejak tahun 1955. Mengusung slogan Bring Value for a Better Life, Kawan Lama Group mengelola 20 cabang distribusi, 24 service center, dan lebih dari 500 toko ritel  di Indonesia.

Pada sektor ritel, Kawan Lama Group menaungi bisnis penyedia produk berkualitas untuk perlengkapan rumah, furnitur, dan gaya hidup, antara lain ACE pusat perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup, Informa Furnishings pusat furnitur dan aksesoris untuk hunian dan bisnis, , Toys Kingdom pusat mainan dan hobi untuk segala usia, Chatime penyedia minuman brewed tea asal Taiwan, Bike Colony penyedia sepeda dan aksesoris, Pendopo jendela budaya nusantara, Dr. Kong penyedia sepatu kesehatan dan aksesoris, Cupbop penyedia makanan BBQ Korea in a cup, Gindaco yaitu takoyaki No.1 di Jepang, Pet Kingdom pusat perawatan dan kebutuhan hewan peliharaan, Ataru penyedia produk gaya hidup untuk millennials dan Ruparupa toko online resmi Kawan Lama Group.

Di industrial, Kawan Lama Group menghadirkan Krisbow yaitu merek untuk berbagai perkakas teknik, permesinan, pertukangan dan industri, perangkat rumah tangga, alat keselamatan diperkenalkan pada tahun 1998.

Untuk property & Services, Kawan Lama Group memiliki dan mengoperasikan Living World, maldengan diferensiasi positioning sebagai “ The biggest Home Living, Lifestyle and Eat-tertainment center”, serta Living Plaza yang hadir memberikan konsep pengalaman berbeda untuk menikmati lebih banyak varian produk, layanan, dan kenyamanan berbelanja di toko Kawan Lama Retail dalam satu lokasi. Saat ini Living World telah hadir di 2 kota, yaitu di Alam Sutera Tangerang Selatan dimana ACE terbesar di dunia (15.000 M2) ada di dalamnya, dan di Pekanbaru. Sedangkan Living Plaza saat ini telah hadir di 16 lokasi di 11 kota.

Tentang Sinar Mas Land

Sinar Mas Land adalah pengembang properti di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Sinar Mas Land telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia.  Keberhasilan Sinar Mas Land dengan mengembangkan property & real estate di Indonesia juga diakui oleh lembaga yang kredibel dan independent di dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigious seperti FIABCI Golden Award di Andora (2017), MIPIM di Hongkong (2017), MIPIM Award di Prancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018).  

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota. Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program-program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan, Aeon, Itochu-Japan yang sudah berlangsung selama 25 tahun, Mitsubishi Corporation, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Head of Public Relations and Social Media

Sinar Mas Land

Tel : 021- 50 368 368

Email : Atikah.sunarya@sinarmasland.com 

Reza Rinaldi Mardja

Public Relations

Kawan Lama Retail

HP : 0812-9582-9095

Email : reza.rinaldi@kawanlamaretail.com

Prita Wardhani

Customer & Public Relations Manager

Kawan Lama Retail

HP : 0812-8822-2281

Email : prita.wardhani@kawanlamaretail.com