TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sinarmas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk melaksanakan pelatihan program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) bagi 150 sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Kedua perusahaan diarahkan dapat menjadi sarana untuk mengubah masyarakat menuju peradaban modern yang canggih, madani dan unggul.

Guna mendukung komitmen tersebut, perusahaan pengembang BSD City mendukung Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) untuk diterapkan di sekolah-sekolah di sekitar kawasan BSD City.

Untuk mewujudkan GSM, diadakan Pelatihan yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai 7 November hingga 9 November 2018 di BSD City.

Sosialisasi sekaligus pembukaan pelatihan GSM digelar di Ruang Auditorium Green Office Park 9, BSD City, Selasa (30/10/2018).

Acara itu dihadiri kepala sekolah dan guru dari 150 sekolah yang direkomendasikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Direktur PT BSD Tbk Syukur Lawigena mengatakan, tujuan sosialisasi dan pelatihan tersebut guna memberikan pemahaman kepada pihak sekolah tentang program GSM.

"Sebagai salah satu bentuk softskill agar dapat bertransformasi menjadi sekolah yang layak, bermutu dan memiliki hasil pendidikan yang berkualitas," ucap Syukur dalam keterangan resminya yang diterima pada Rabu (31/10/2018).

Ia meneruskan, program GSM sangat berguna untuk membangun kesadaran kepala sekolah, guru, dan seluruh pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah yang menyenangkan dan manusiawi untuk belajar.

"Juga sebagai tempat mengembangkan potensi yang dimiliki anak, baik akademis mau pun non-akademis, agar anak memiliki bekal ketrampilan hidup di masa yang akan datang," sambung dia.

Menurut Syukur, pada tahun 2017 Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk telah mendukung penerapan GSM di tingkat SMP/Madrasah Tsanawiyah.

Program tersebut telah menghasilkan tujuh sekolah model yang mendapatkan pendampingan dari Tim CSR Sinar Mas Land.

Sekolah-sekolah tersebut adalah SMPN 7 Tangerang Selatan, SMPN 20 Tangerang Selatan, SMP Muhamadiyah Tangerang Selatan, MTS Pembangunan Nurul Islam Tangerang Selatan, MTS An-Nashihin Tangerang Selatan, MTSN 5 Tangerang, dan SMPI Manbaul Ulum Tangerang.

"Hal ini menjadi wujud nyata komitmen Sinar Mas Land dalam membangun dan meningkatkan kualitas masyarakat guna melahirkan generasi penerus yang unggul," ucap Syukur.

Gerakan Sekolah Menyenangkan merupakan gerakan akar rumput yang terinspirasi ajaran Ki Hadjar Dewantara yang menegaskan sekolah merupakan taman yang menyenangkan.

Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai rumah kedua bagi anak.

Source : http://jakarta.tribunnews.com/2018/10/31/sinar-mas-land-sosialisasi-gerakan-sekolah-menyenangkan-di-tangerang?page=2