img-bsd-train-station

Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berkembang pesat secara global berdampak besar bagi seluruh sektor industri, termasuk properti. AI mampu membuat perusahaan properti bertransformasi karena pengaruhnya yang besar dalam pergerakan bisnis secara keseluruhan. 

Untuk itu,  pemanfaatan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai sarana inovasi perlu dilakukan dalam bidang-bidang seperti manajemen properti, konstruksi, keberlanjutan, dan pengalaman pelanggan.

Baca Juga: Selain Grand Lucky, Ini 4 Fasilitas Baru BSD City Mendatang!

Tahu kah kamu? BSD City sebagai Smart Integrated Digital City telah menerapkan teknologi AI untuk berbagai fasilitasnya. 

1. Teknologi Chatbot

Teknologi ini dapat warga BSD temukan pada aplikasi OneSmile. OneSmile sendiri merupakan aplikasi smartphone yang diluncurkan oleh Sinar Mas Land untuk mengoptimalkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal BSD City.

img-bsd-train-station

Para pengguna aplikasi ini dapat bertanya mengenai tempat hangout, restoran, atau cafe di BSD City dan mendapatkan rekomendasi yang sesuai. Fitur ini terbukti sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman pengunjung, maupun penghuni di BSD City. Penerapan teknologi Chatbot dapat Anda temukan pada fitur “Tanya” di aplikasi ini. 

Melalui layanan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search, teknologi Chatbot tersebut dapat memberikan jawaban yang tepat serta sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan, memahami konteks percakapan yang sedang berlangsung hingga penggunaan bahasa alami yang digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Konsep Green Living Residence di BSD City

2. Artificial Intelligence Traffic

BSD City sebagai modern smart digital city telah mengimplementasikan Artificial Intelligence (AI) Traffic di sejumlah titik lampu lalu lintas di kawasan BSD City. Penggunaan AI Traffic oleh BSD City sebagai upaya pengurangan kepadatan lalu lintas di area BSD City.

img-bsd-train-station

Sebagai contoh, lampu merah sudah akan dinamis tergantung volume kendaraan, kepadatan, dan panjang antrean pengguna kendaraan.

img-bsd-train-station

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengenal Perbedaan BSD City dan Serpong?

3. AI Road Damage Detection

Semakin canggih, BSD City juga menerapkan AI Road Damage Detection atau pemanfaatan teknologi AI untuk mendeteksi jalan rusak. Kamera akan melakukan live streaming sepanjang rute dan menggunakan teknologi AI akan mendeteksi jalan rusak melalui posisi lubang maupun retak pada jalan. Cara kerja AI Road Damage Detection adalah melakukan perekaman melalui kamera, kemudian diterjemahkan menjadi teks, termasuk juga menggunakan shuttle bus.

Saat ini, BSD City terus mengembangkan penggunaan teknologi untuk memaksimalkan fasilitas bagi masyarakatnya. Hal ini juga menjadi bentuk perwujudan kota ini sebagai smart integrated digital city.