img-bsd-train-station

Memasuki tahun 2024, harga properti kian mengalami peningkatan. Harga properti seringkali ditentukan oleh berbagai pertimbangan. Itulah alasan mengapa, Anda perlu meneliti terlebih dahulu ragam pertimbangan yang mempengaruhi harga properti, sebelum memutuskan untuk membeli dan melakukan investasi di sektor ini.

Lalu, apa saja ragam penentu harga properti? 

1. Lokasi 

Lokasi yang strategis akan meningkatkan harga jual properti menjadi semakin tinggi. Anda bisa melakukan perbandingan harga properti, seperti rumah yang berlokasi di pinggiran kota dan di tengah kota. Keduanya pasti memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Hal ini juga terjadi karena rumah di pinggir jalan daerah perkotaan lebih banyak dicari atau tinggi peminat dibandingkan daerah pinggiran kota. 

Kemudahan akses juga menjadi faktor penting untuk menentukan harga properti. Jika Anda tipe orang dengan mobilitas tinggi, faktor ini tentu perlu ditempatkan di urutan pertama. Akses ke pusat-pusat kegiatan, terutama dari rumah ke kantor atau sekolah/kampus menjadi faktor utama dalam menentukan harga suatu properti.

Baca Juga: Mengenal Rumah Hook dan Keuntungan Memilikinya

2. Kualitas Bangunan

img-bsd-train-station

Bangunan yang dibangun dengan material yang bagus atau baik akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang dibangun dengan material yang kurang baik. Sama halnya dengan desain properti. Umumnya, properti dengan model terbaru biasanya banyak disukai oleh para pembeli dibandingkan dengan properti model lama. 

Hal ini juga berlaku pada usia bangunan Anda. Semakin tua rumah atau properti Anda, semakin sedikit pula peminat pembeli properti karena memang laju dari perkembangan jaman saat ini tidak bisa dihentikan dengan segala inovasi yang ada.

3. Luas Bangunan

Properti dengan tanah atau bangunan yang lebih luas pasti lebih mahal dibanding properti setipe yang lebih kecil. Begitu juga properti dengan ruang lebih banyak, harganya tentu akan lebih tinggi.  

Baca Juga: Tren Bisnis di Tahun 2024 dalam Sektor Properti!

4. Fasilitas Properti

img-bsd-train-station

Fasilitas adalah faktor penentu harga properti yang penting. Fasilitas yang disediakan di setiap properti serta fasilitas di dalam dan sekitar properti perlu jadi pertimbangan. Misalnya, rumah yang dilengkapi fasilitas kolam renang di dalam rumah lebih mahal dibandingkan dengan rumah tanpa fasilitas tersebut, atau rumah yang dekat dengan pusat perbelanjaan, fasilitas pendidikan & kesehatan cenderung akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

5. Developer atau Pengembang

Harga hunian di perumahan yang dikembangkan oleh pengembang bereputasi tinggi tentu jadi faktor penentu harga rumah lebih mahal. Sebab, mereka juga menaruh reputasi mereka di dalam harga properti yang dijual.

Hal ini pun akan menjadi nilai plus, jika ingin menjual properti Anda kembali. Pasalnya, properti yang dikembangkan oleh developer bonafit, umumnya berlokasi di lingkungan strategis, berfasilitas lengkap, dan bebas dari bencana-bencana yang tak terduga.

Baca Juga: Investasi Menjanjikan, Ini Keuntungan Membeli Tanah Kavling

Ada berbagai pilihan properti dengan lokasi dan akses yang baik, luas bangunan, desain material terbaru, dan fasilitas lengkap yang bisa Anda temukan di Sinar Mas Land. Anda juga bisa mendapatkan berbagai potongan harga melalui program Infinite Living.

Silahkan kunjungi website Sinar Mas Land untuk mengetahui berbagai produk dan promo yang ditawarkan!