img-bsd-train-station

BSD City, 12 April 2023 – Era digital kian berkembang dan memberikan berbagai dampak positif di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Di sisi lain, permintaan terhadap teknologi ini menuntut kesiapan infrastruktur digital yang semakin canggih. Tanggap terhadap kebutuhan tersebut, Sinar Mas Land menjalin kolaborasi dengan Microsoft untuk mempercepat agenda transformasi BSD City menjadi integrated smart city. Melalui kolaborasi ini, Sinar Mas Land akan memanfaatkan ekosistem teknologi Microsoft untuk mengembangkan kota mandiri di area pengembangan Sinar Mas Land di Indonesia, dimulai dari BSD City.

Baca Juga : Yayasan Muslim Sinar Mas Land Kembali Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an di Balikpapan

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja menyampaikan, “Dalam upaya untuk mentransformasi township kami menjadi smart cities, perusahaan menggandeng mitra-mitra yang terbaik di bidangnya. Microsoft sebagai salah satu tech giant di dunia pun turut mendukung inisiatif ini. Penggunaan teknologi Microsoft tentu akan mempercepat transformasi BSD City dan township lainnya dalam menyediakan pelayanan masyarakat dan infrastruktur publik yang lebih canggih.”

img-bsd-train-station

Kerja sama ini diimplementasikan melalui empat pilar. Pertama adalah dengan mengembangkan fondasi digital yang modern dan aman di Sinar Mas Land melalui pemanfaatan Infra Security, Data Lake, dan Sentiment Analysis. Kemudian ada App Modernization yang meliputi Citizen Genome, Citizen Experience, dan Operational Excellent, guna memastikan aplikasi yang digunakan dan dikembangkan oleh Sinar Mas Land mampu melayani kebutuhan konsumen secara optimal. Selanjutnya adalah teknologi Smart Building yang meliputi Smart X, Digital Twin, hingga Sustainability. Terakhir, teknologi Microsoft juga akan digunakan pada Command Control yang meliputi pengawasan lalu lintas dan keamanan di sekitar kota mandiri BSD City, Drainage Control untuk mengantisipasi jumlah debit air dalam waduk, hingga Field Security untuk mengelola dan mengamankan akses terhadap data pengembangan di lapangan.

img-bsd-train-station

“Kami sangat senang dapat mendukung Sinar Mas Land dengan ekosistem teknologi Microsoft seperti Microsoft Azure, Azure OpenAI Service, dan Microsoft 365. Melalui pengintegrasian teknologi kami di dalam proses pengembangan kota mandiri milik Sinar Mas Land, kami berharap dapat mengakselerasi pertumbuhan sektor properti nasional. Suatu pertumbuhan yang akan memodernisasi gaya hidup masyarakat, menggerakkan roda ekonomi nasional, dan mendukung ekonomi digital secara inklusif. Mari, kita terus bersatu karya untuk berdayakan Indonesia,” ujar Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia.

Inisiatif ini akan diimplementasikan mulai dari BSD City sebagai pengembangan flagship Sinar Mas Land dan dapat diteruskan ke berbagai township lainnya sehingga perusahaan siap memenuhi gaya hidup dan kebutuhan masyarakat di era digital ini.