Sinar Mas Land diwakili oleh Golf Division Head Sinar Mas Land – Steven Japari (kanan) menyerahkan secara simbolis 500 alat Rapid Test Kit (RTK) kepada Walikota Batam H. Muhammad Rudi, S.E., M.M. (kiri) di Kantor Pemerintah Kota Batam (13/04). Selain penyerahan RTK, hari ini Pemerintah Kota Batam juga mendistribusikan 210,000 liter hand sanitizer dari Yayasan Temasek yang merupakan bagian dari Temasek Holdings dari Singapura bekerjasama dengan Pemerintah Kota Batam, TNI-Polri, Tuan Sing Holding Limited, Sinar Mas dan Sinar Mas Land.

Golf Division Head Sinar Mas Land – Steven Japari menjelaskan dalam keterangan tertulisnya “Bantuan ini diharapkan dapat menghambat penyebaran covid-19 di Kota Batam. Kami berharap masyarakat dapat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer).”

Cairan hand sanitizer ini kemudian akan didistribusikan kepada warga Batam dengan bantuan TNI, Polri, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) serta relawan Sinar Mas Land. Setiap keluarga di 64 kelurahan di Kota Batam akan mendapat sebanyak 500 ml hand sanitizer dan wajibkan membawa botol bersih sendiri.

Penggunaan botol milik sendiri merupakan bagian dari campaign bring your own bottle clean atau #BYOBclean. Program #BYOBclean saat ini sudah diterapkan di Singapura dan kini di Batam. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air sebagai cara yang efektif untuk mencegah penyebaran virus dan kuman lainnya. Tetapi jika tidak ada air bersih dan sabun, cairan pembersih tangan menjadi sangat berguna. Cairan pembersih tangan (hand sanitizer) pemberian dari Yayasan Temasek mengandung 0,05% benzalkonium klorida atau BKC adalah salah satu disinfektan non-alkohol, tidak beracun, serta tidak menyebabkan iritasi pada kulit pemakainya.

Sementara itu 500 Rapid Test Kit (RTK) yang diserahkan ke Pemerintah Kota Batam ini adalah bagian dari 25,000 RTK yang dibagikan oleh Sinar Mas Land kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan beberapa Pemda serta instansi kesehatan. Sebelumnya, Sinar Mas Land juga telah memberikan 750 set Alat Pelindung Diri (APD) kepada Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan serta instansi lainnya. (*)

.