img-bsd-train-station

Balikpapan, 11 Juni 2023 – Dalam rangka meminimalisir jumlah buta aksara Al-Qur’an di Tanah Air, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) kembali memberikan pelatihan atau Training of Trainers (ToT) cara cepat baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan dari program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2023. Acara tersebut diikuti oleh 150 ustaz/ustazah dan guru mengaji dari 50 masjid yang berada di wilayah Kota Balikpapan bagian barat, tengah, dan timur. Program ini bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Balikpapan dan Yayasan Mama Papa yang dilaksanakan pada Sabtu (10/06) di SDIT Balikpapan Islamic School, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga : Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep Gandeng Sinar Mas Land Bangun Pusat Kuliner di BSD

Ratusan ustaz/ustazah dan guru mengaji mengikuti kegiatan ToT cara cepat baca Al-Qur’an sebanyak empat kali, pada 10-11 Juni 2023. Dalam tiap pertemuan, para peserta mendapatkan pelatihan intensif selama 3 jam menggunakan metode pengajaran Mama Papa. Selama pelatihan, para peserta juga dibekali buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode tersebut. Metode Mama Papa merupakan cara cepat baca Al-Qur’an yang menggunakan pendekatan cerita. Cara membacanya pun hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 28 ini akan diperkenalkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari sehingga dapat mudah dimengerti bagi jemaah maupun murid yang sedang belajar membaca Al-Qur’an.

img-bsd-train-station

Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Land – Bambang Setiawan mengatakan, “Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kami dalam meminimalisir jumlah umat muslim yang buta askara Al-Qur’an serta meningkatkan literasi Al-Qur’an di kalangan masyarakat Indonesia. Melalui pelatihan ini, kami berharap para ustaz/ustazah dan guru mengaji dapat menjadi fasilitator yang handal untuk memperdalam pengetahuan tentang membaca Al-Qur'an kepada seluruh anak didiknya menggunakan metode Mama Papa. Metode ini sangat bagus diterapkan karena dapat membantu seseorang untuk membaca Al-Qur’an dengan mudah dan cepat. Semoga program BBQ ini bisa terus berjalan agar memberikan manfaat besar bagi seluruh umat muslim dalam mempelajari dan memahami kandungan ayat-ayat suci Al-Qur’an.”

img-bsd-train-station

Tahun ini, program BBQ 2023 merupakan kali kelima diselenggarakan sejak diluncurkan pertama kali pada 2018. Setelah sebelumnya sukses dengan program BBQ tahun 2018, 2019, 2021, dan 2022 yang sudah memberikan ToT kepada 894 ustaz/ustazah dan guru mengaji dari 249 masjid/musala/TPA di BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan. Program tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan corporate social responsibility (CSR) di bidang keagamaan bagi masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land.

Program BBQ 2023 dimulai sejak 8 April 2023 dan akan ditutup bertepatan dengan perayaan Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober. Pada puncak acara tersebut, akan diselenggarakan lomba membaca Al-Qur’an antar anak didik dari 50 masjid yang sudah mengikuti program BBQ dengan kategori usia 4-15 tahun untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp42 juta. Di tahun-tahun sebelumnya, puncak acara program BBQ yakni lomba membaca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa telah diikuti 3.704 murid dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di sekitar kawasan BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan.