img-bsd-train-station

Berbatasan dengan sebelah timur Jakarta, Kabupaten Bekasi kini menjadi magnet baru bagi masyarakat. Pasalnya, kawasan ini telah bertransformasi menjadi salah satu pusat industri dan bisnis. Bahkan, 45 persen pasokan lahan kawasan industri di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi (Jabodetabek) berasal dari Cikarang, salah satu kecamatan di Kabupaten Bekasi.

Untuk menyokong kawasan tersebut, pemerintah membangun infrastruktur penting, yakni jalan tol serta transportasi publik, seperti mass rapid transit (MRT), kereta rel listrik (KRL), serta TransJakarta. Berkat ketersediaan infrastruktur tersebut, akses dari dan ke Kabupaten Bekasi menjadi lebih mudah serta cepat. Hal ini berbeda ketimbang sebelumnya.

Seiring perkembangan kawasan industri dan infrastruktur di Kabupaten Bekasi, kawasan residensial berkonsep kota mandiri pun bermunculan. Adapun Kota mandiri merupakan sebuah konsep hunian yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas modern dan lingkungan yang nyaman.

Kehadiran kota mandiri tersebut menambah potensi yang dimiliki Kabupaten Bekasi. Bagi Anda yang berminat untuk melakukan investasi real estate, berikut sejumlah daya pikat kota mandiri di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Intip 5 Rekomendasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Paling Diminati

Kabupaten Bekasi memiliki lokasi yang strategis. 

Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Bekasi dan Jakarta di sebelah barat, Kabupaten Karawang di sebelah timur, serta Kabupaten Bogor di selatan. Dengan lokasi tersebut, Kabupaten Bekasi menjadi perlintasan antara pusat bisnis (Jakarta) dan pusat industri (Cikarang dan Karawang). Penghuni yang tinggal di Kabupaten Bekasi dapat pergi ke Jakarta, Kota Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Depok, Bogor, Cikarang, dan Karawang melalui jalan tol atau transportasi publik yang sedang masif dibangun. 

Jika memilih menggunakan transportasi publik, terdapat sejumlah pilihan, yakni  Bus Rapid Transport (BRT)KRL, dan Lintas Rel Terpadu (LRT). Adapun moda transportasi MRT direncanakan dibangun pada 2024. Jalur sepanjang 84,1 km ini akan menghubungkan Cikarang dan Balaraja, Banten.

Dekat dengan Kawasan Ekonomi Terpadu

Kabupaten Bekasi merupakan wilayah dengan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Kabupaten ini memiliki 11 kawasan industri dan 7.600 perusahaan  dengan total lahan sekitar 9.496 hektare. Adapun okupansi kawasan industri di Kabupaten Bekasi, khususnya di Cikarang, mencapai 93 persen. 

Dengan jumlah kawasan industri dan tingkat okupansi yang tinggi, itu berarti banyak pekerja membutuhkan hunian di dekat tempat kerja. Hal ini bisa meningkatkan potensi investasi real estate di Kabupaten Bekasi. Selain itu, keberadaan kawasan pusat ekonomi terpadu juga bakal ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bekasi. Hal ini akan turut menjadi nilai tambah untuk investasi properti di sana.

Dilalui oleh Infrastruktur PSN

Sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, Kabupaten Bekasi pun dilalui berbagai proyek infrastruktur strategis, termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN). PSN sendiri merupakan proyek strategis yang memiliki urgensi tinggi untuk dapat direalisasikan dalam waktu singkat.

Berbagai infrastruktur PSN yang terdapat di Kabupaten Bekasi di antaranya adalah Tol Becakayu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jalur LRT Jabodebek, dan jalur MRT Cikarang-Balaraja. Kehadiran proyek PSN dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas Kabupaten Bekasi dengan berbagai wilayah di sekitarnya, seperti Jakarta, Kota Bekasi, Depok, Bogor, serta Karawang. 

Baca Juga: Bukan Cuma Luas dan Megah, Ini Karakteristik Rumah Komplek Mewah!

Memiliki Fasilitas Modern yang Lengkap

Seperti kawasan maju lain, Kabupaten Bekasi memiliki berbagai kota mandiri. Kota mandiri biasanya memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang gaya dan kualitas hidup penghuni. Sebut saja, rumah sakit, sekolah, pusat hiburan, perbankan, mal, restoran, pusat kebugaran, rumah ibadah, serta taman bermain.

Dengan fasilitas lengkap, penghuni dapat memenuhi berbagai kebutuhan di kota mandiri. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan penghuninya. Kehadiran fasilitas tersebut juga dapat meningkatkan kualitas hidup penghuni di kota mandiri. Penghuni dapat menggunakan fasilitas kebugaran untuk meningkatkan kesehatan atau kebugaran, seperti gym atau spa.

Nilai Investasi Tinggi

img-bsd-train-station

Kota mandiri di Kabupaten Bekasi memiliki nilai investasi yang tinggi. Sebagai pusat industri, Kabupaten Bekasi merupakan salah satu wilayah tujuan urbanisasi di Indonesia. Peningkatan arus urbanisasi di Kabupaten Bekasi membuat permintaan hunian berkualitas semakin meningkat. Tak heran, harga properti di Kabupaten Bekasi mengalami peningkatan setiap tahun.

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), indeks harga properti di Kabupaten Bekasi pada kuartal IV 2022 secara tahunan atau year-on-year (yoy) sebesar 12,2 persen. Pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa investasi properti di Kabupaten Bekasi menawarkan pertambahan nilai aset yang cukup besar. Oleh karena itu berinvestasi di hunian terintegrasi, seperti kota mandiri, dapat menjadi opsi investasi yang menjanjikan.

Itulah lima daya pikat kota mandiri di Kabupaten Bekasi sebagai instrumen investasi properti. Jika melirik Kabupaten Bekasi, Anda bisa berinvestasi di kota mandiri Grand Wisata Bekasi yang dikelola Sinar Mas Land.

Baca Juga: Sinar Mas Land Suguhkan Best Township dengan Prospek Menjanjikan

Fasilitas dan Tempat Tinggal di Grand Wisata Bekasi

Kota mandiri ini menyajikan berbagai pilihan cluster dengan kriteria rumah yang juga beragam. Beberapa diantaranya, Levante dengan pilihan rumah, yakni Klasika, Garden Loft yang berbentuk rumah 3 in 1, New Westfield, dan sebagainya.

Grand Wisata Bekasi juga memiliki fasilitas umum lengkap, seperti sekolah, rumah sakit, tempat hiburan, club house, daerah bisnis, serta pusat komersial. Beberapa universitas yang berlokasi dekat dengan Grand Wisata Bekasi di antaranya adalah Bina Nusantara, LSPR Communication and Business Institute, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, serta Universitas Esa Unggul

Sementara itu, pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan Grand Wisata Bekasi adalah Grand Metropolitan Mall Bekasi, Plaza Pondok Gede, Summarecon Mall Bekasi, Mall Tambun, serta Grand Galaxy Park. 

Berada di kawasan strategis di Kabupaten Bekasi, Grand Wisata Bekasi dekat dengan infrastruktur utama, seperti Tol Jakarta Cikampek, Tol Outer Ring Road (JORR) 2, Kereta Cepat Jakarta Bandung, LRT Jabodebek, serta shuttle bus. Selain itu, Grand Wisata Bekasi juga hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk mencapai Mall Living World Grand Wisata Bekasi yang sudah beroperasi sejak akhir Maret lalu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rumah di Grand Wisata Berkasi, Anda bisa mengunjungi situs Sinar Mas Land