img-bsd-train-station

Memilih dan membeli rumah menjadi langkah penting untuk menentukan berbagai aktivitas yang akan dijalankan nantinya. Selain menjadi kebutuhan utama dalam menjalankan berbagai aktivitas kehidupan, rumah bisa menjadi cerminan diri seseorang nantinya. Untuk itu, memilih rumah membutuhkan berbagai tips dan melalui banyak pertimbangan.

Baca Juga: Hunian Ideal Masa Kini, Ini 3 Pilihan Apartemen Strategis di Jakarta

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian rumah.

1. Pertimbangkan Tipe & Jenis Rumah

img-bsd-train-station

Sebelum melakukan pembelian rumah atau hunian, mempertimbangkan tipe dan jenis rumah merupakan hal yang perlu Anda lakukan. Rumah baru atau second (bekas) tentu memerlukan perlakuan yang juga berbeda. Misalnya, rumah baru memiliki berbagai fasilitas modern maupun terkini, namun umumnya menawarkan harga yang juga lebih tinggi. Sedangkan, jika Anda tertarik membeli rumah bekas atau second, mungkin terdapat biaya renovasi, namun umumnya harga yang ditawarkan lebih terjangkau. Jenis dan konsep rumah juga perlu dipertimbangkan seperti open space, minimalis, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Rumah Hook dan Keuntungan Memilikinya

2. Tentukan Anggaran

img-bsd-train-station

Melakukan suatu pembelian tentu tidak lepas dari biaya atau anggaran yang akan dikeluarkan. Sama halnya dengan membeli rumah, setelah mempertimbangkan tipe dan jenis yang akan Anda beli, silahkan lakukan evaluasi keuangan terlebih dahulu. Caranya, menentukan berapa banyak anggaran yang dapat Anda keluarkan untuk membayar pembelian rumah dan uang muka yang perlu disediakan. 

Anggaran tersebut juga termasuk dengan metode pembayaran yang akan digunakan, seperti pengajuan KPR. Jika Anda melakukan pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), tentukan cicilan bulanan, DP, dan jangka waktu yang akan diambil menggunakan KPR.

Baca Juga: Tetap Jadi Tren, Ini Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis Modern

3. Pilih Lokasi yang Strategis

img-bsd-train-station

Memiliki rumah atau hunian dengan lokasi yang strategis akan menguntungkan Anda dalam banyak hal. Pemilihan lokasi ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, termasuk akses ke fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan transportasi. Silahkan memilih lokasi yang bisa mendukung gaya hidup anda, namun tetap memberikan kenyamanan dan keamanan yang memadai.

Baca Juga: Aerium Residence, Apartment “Pet-Friendly” Pertama di Jakarta Barat!

4. Memperhatikan Kondisi Lingkungan Sekitar

img-bsd-train-station

Selain memilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, periksalah kondisi lingkungan sekitar rumah yang akan Anda beli. Beberapa hal yang bisa periksa atau cek, yakni kualitas bangunan, kondisi halaman, kualitas bahan yang digunakan maupun perumahan yang berada di lingkungan sekitar. Pastikan kondisi lingkungan sekitar memenuhi kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Baca Juga: Nyantai Ditemani Suasana Alam di 4 Taman BSD City Ini!

5. Memastikan Kelengkapan Dokumen serta Perizinan

img-bsd-train-station

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan untuk melakukan pengecekan berulang pada dokumen kepemilikan dan perizinan properti yang Anda beli. Selain untuk keamanan, hal ini juga akan membantu Anda terhindar dari masalah hukum mengenai kepemilikan dan perizinan properti di masa mendatang.

Baca Juga: Konsep Green Living Residence di BSD City

6. Pilih Developer Tepercaya

img-bsd-train-station

Memilih developer atau pengembang properti yang tepat dan tepercaya merupakan kunci membeli rumah secara aman. Anda dapat melakukan pengecekan reputasi developer melalui testimoni dan portfolio yang ada. Selain itu, pastikan developer tersebut terdaftar di Kementrian PUPR, memiliki izin pembangunan dan melakukan peninjauan langsung terhadap proyek yang dimiliki. Melalui riset dan pertanyaan yang tepat pada developer, rumah dapat Anda beli secara aman dan melewati proses yang lebih mudah.

Salah satu developer tepercaya untuk melakukan pembelian properti adalah Sinar Mas Land. Anda dapat menemukan berbagai jenis dan tipe hunian dengan beragam pilihan lokasi yang idaman masa kini.