Kota Balikpapan yang tepatnya berlokasi di Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi salah satu kota di Indonesia yang terus bertumbuh menjadi kota populer. Saat mengunjungi kota ini, Anda akan menemukan banyak cafe dan tempat makan menarik untuk dicoba. Cafe atau Coffee Shop sudah menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi generasi masa kini. 

Ternyata, ketika memilih cafe, pengunjung kerap memerlukan berbagai pertimbangan dalam memilihnya, seperti dari sajian menu, tempat, maupun ambience cafe itu sendiri, lho!

Kali ini, ada 7 rekomendasi cafe aesthetic di Balikpapan yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar bersantai hingga hangout bersama teman!

1. Hobbies Coffee Lounge

img-bsd-train-station

Sumber: hobbiescoffee

Cafe ini mungkin tak asing lagi bagi masyarakat Balikpapan. Hobbies Coffee & Lounge memang menarik perhatian pengunjung dengan desain interior yang unik. Mengusung tema garden, pengunjung yang datang akan merasakan kenyamanan bak sedang berada di rumah. Hobbies Coffee & Lounge juga ditata sekian rupa sehingga memiliki banyak spot foto menarik yang rugi untuk dilewatkan.

Beberapa menu kopi yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke cafe ini, yakni Coffee Milk Brown Sugar, Cappuccino, Hazelnut Latte, Pandan Latte, Avocado Latte, Caramel Latte, Walnut Brownie Latte, dan Milo Latte. Hobbies Coffee & Lounge berlokasi di Jl. Sungai Ampal, Sumber Rejo, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Baca Juga: Sinar Mas Land Tawarkan Best Promo Melalui Program Nasional!

2. D’Allium Coffee

img-bsd-train-station

Sumber: dalliumcoffee

Jika Anda tertarik dengan cafe yang mengusung nuansa aesthetic di Balikpapan, D’allium Coffee dapat menjadi jawabannya. Anda dapat menikmati suasana cafe dengan santai serta desain unik cafe yang kekinian. Konsepnya semi outdoor dan tampak didominasi dengan hiasan papan kayu sehingga nampak estetik.

Tempatnya juga cukup, cocok untuk jadi tempat nongkrong bersama teman atau keluarga.

Beberapa menu yang bisa Anda coba di cafe ini, yakni Allium Cafe Latte, Caramel Latte, Wedang Jahe, Belly Fried Rice hingga Kwetiau Goreng Medan. D’allium Coffee berlokasi di Perumahan, Jl. Balikpapan Regency No.1 Blok A, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

3. Yellow Duck Coffee

img-bsd-train-station

Yellow Duck merupakan cafe yang mengusung konsep ala suasana rumah yang memberi kenyamanan bagi pengunjungnya. Interior pada cafe ini didominasi dengan kayu serta sofa di bagian sudut ruang. Sama seperti namanya, Anda akan merasakan suasana kuning khas Yellow Duck yang menghiasi sudut cafe, termasuk area bar. 

Ketika masuk ke dalam cafe, Anda akan melihat pajangan besar berbentuk bebek kuning yang terpampang di salah satu bagian dinding seperti menyambut pengunjung. Ada beberapa menu andalan di Yellow Duck Cafe, seperti nasi kulit, nasi goreng, berbagai jenis kopi dan teh. Cafe ini berlokasi di Jl. Sungai Ampal No.47, RT.05, Damai, Kec. Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

4. Scako Coffee

img-bsd-train-station

Scako Coffee menjadi pilihan lainnya bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu untuk hangout bersama keluarga maupun teman. Cafe ini menghadirkan konsep ruangan indoor dan outdoor yang memberi kenyamanan bagi pengunjungnya. Selain itu, Scako Coffee juga menyediakan live music untuk menemani Anda saat hangout.

Beberapa menu kopi yang bisa Anda coba saat mengunjungi cafe ini, yakni Scako Special Milk Base White Coffee, Scako Aren Latte Iced, Scako Hazelnut Latte Iced · Scako Vanilla Latte Iced, Scako Cappuccino Iced , dan Scako Cafe Latte Iced. Scako Coffee berlokasi di J. ARS MUHAMMAD Kec, Kel, RT.27/RW.No 33, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Belanja Sambil Kulineran, Ini Rekomendasi Kuliner di Pasar Modern BSD

5. East Coffee and Space

East Coffee and Space Balikpapan ini menyediakan ruangan indoor dan outdoor aesthetic yang cocok untuk menjadi tempat hangout sekaligus mengabadikan momen. Anda dapat mengunjungi cafe ini saat sore untuk menikmati suasana outdoor dengan nyaman. East Coffee and Space juga menyediakan tempat bermain billiard dengan ragam menu kopi yang terjangkau seperti Aren Donut, Fresh Lychee Tea, Taro Latte, dan kopi susu.

Cafe ini berlokasi di Jl. Indrakila No.102, Kampung Timur, Balikpapan

6. Bro Cactus

img-bsd-train-station

Sumber: Bro Cactus

Bro Cactus merupakan cafe di Balikpapan yang menyediakan konsep berbeda dengan menonjolkan berbagai jenis kaktus. Bukan hanya berupa pajangan saja, Anda dapat membeli kaktus-kaktus yang tersedia di cafe ini. Menariknya, menu favorit di cafe Bro Cactus adalah Seblak Special. Campuran antara kerupuk, telur, crab stick, sayur, sosis, dan bahan lainnya menambah kenikmatan menu ini.

Cafe unik ini juga menyediakan menu unggulan berupa ice cream, yakni Cookies & Cream serta Ice Coffee Brown Sugar. Bro Cactus berlokasi di sebelah Gedung Pertanahan, Jl. Manuntung No.4, DOME, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

7. 21 Cafe

img-bsd-train-station

Sumber: @21cafee

Cafe ini memiliki suasana tenang dan nyaman, cocok untuk sekadar hangout atau ngumpul bersama teman-teman Anda. Menyuguhkan tempat aesthetic, 21 Cafe  mengusung konsep terbuka dengan desain bertema rustic. Pengunjung cafe dapat berbincang sambil menikmati ragam sajian menu dengan harga terjangkau. Ada berbagai varian menu seperti teh, sirup, jus, serta kopi. 

Lokasi cafe juga sangat dekat dari Grand City Balikpapan, sehingga memiliki akses yang mudah, yakni berada di Jalan Dua Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.