Tahu kah Anda? Harga properti seringkali ditentukan oleh berbagai faktor. Itulah alasan mengapa, Anda perlu meneliti terlebih dahulu beragam faktor yang mempengaruhi harga properti, sebelum memutuskan untuk membeli dan melakukan investasi di sektor ini.

img-bsd-train-station

Lalu, apa saja faktor penentu harga properti? Berikut beberapa faktor yang wajib Anda ketahui!

1. Lokasi yang strategis

img-bsd-train-station

Lokasi yang strategis akan meningkatkan harga jual properti menjadi semakin tinggi. Anda bisa melakukan perbandingan harga properti, seperti rumah yang berlokasi di pinggiran kota dan di tengah kota. Keduanya pasti memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Hal ini juga terjadi karena rumah di pinggir jalan daerah perkotaan lebih banyak dicari atau tinggi peminat dibandingkan daerah pinggiran kota. 

Kemudahan akses juga menjadi faktor penting untuk menentukan harga properti. Jika Anda tipe orang dengan mobilitas tinggi, faktor ini tentu perlu ditempatkan di urutan pertama. Akses ke pusat-pusat kegiatan, terutama dari rumah ke kantor atau sekolah/kampus menjadi faktor utama dalam menentukan harga suatu properti.

Selain itu, posisi properti pun mempengaruhi harga. Misalnya, harga rumah di jalan utama di kawasan kompleks perumahan umumnya lebih tinggi. Faktor akses ini juga yang menjadikan dekatnya posisi rumah dengan gerbang tol, jalur kereta, terminal, jalan raya yang banyak dilalui angkutan umum diincar dan diminati dan menjadi nilai jual.

Baca Juga: 5 Inspirasi Rumah Idaman Sesuai Kepribadian!

2. Kualitas Material dan Desain

img-bsd-train-station

Bangunan yang dibangun dengan material yang bagus atau baik akan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang dibangun dengan material yang kurang baik. Sama halnya dengan desain properti. Umumnya, properti dengan model terbaru biasanya banyak disukai oleh para pembeli dibandingkan dengan properti model lama. 

Hal ini juga berlaku pada usia bangunan Anda. Semakin tua rumah atau properti Anda, semakin sedikit pula peminat pembeli properti karena memang laju dari perkembangan jaman saat ini tidak bisa dihentikan dengan segala inovasi yang ada.

Baca Juga : Smart Home System, Andalan Rumah Futuristik Generasi Masa Kini

3. Luas Bangunan

img-bsd-train-station

Properti dengan tanah atau bangunan yang lebih luas pasti lebih mahal dibanding properti setipe yang lebih kecil. Begitu juga properti dengan ruang lebih banyak, harganya tentu akan lebih tinggi.  

Baca Juga : Tertarik Investasi Properti? Cek Pilihannya Disini!

4. Fasilitas yang Tersedia

img-bsd-train-station

Dalam menentukan harga properti, fasilitas adalah faktor penentu harga yang penting. Fasilitas yang disediakan di setiap properti serta fasilitas di dalam dan sekitar properti perlu jadi pertimbangan. Misalnya, rumah yang dilengkapi fasilitas kolam renang di dalam rumah lebih mahal dibandingkan dengan rumah tanpa fasilitas tersebut, atau rumah yang dekat dengan pusat perbelanjaan, fasilitas pendidikan & kesehatan cenderung akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Baca Juga : 6 Alasan Properti Jadi Pilihan Investasi Masa Kini

5. Reputasi Developer atau Pengembang

img-bsd-train-station

Harga hunian di perumahan yang dikembangkan oleh pengembang bereputasi tinggi tentu jadi faktor penentu harga rumah lebih mahal. Sebab, mereka juga menaruh reputasi mereka di dalam harga properti yang dijual.

Hal ini pun akan menjadi nilai plus, jika ingin menjual properti Anda kembali. Pasalnya, properti yang dikembangkan oleh developer bonafit, umumnya berlokasi di lingkungan strategis, berfasilitas lengkap, dan bebas dari bencana-bencana yang tak terduga.

Nah, itulah 5 faktor utama penentu harga properti yang wajib Anda ketahui sebelum membeli maupun melakukan investasi properti. Ada berbagai pilihan properti dengan lokasi dan akses yang baik, luas bangunan, desain material terbaru, dan fasilitas lengkap yang bisa Anda temukan di Sinar Mas Land.

Silahkan kunjungi website Sinar Mas Land untuk mengetahui berbagai produk dan promo yang ditawarkan!