img-bsd-train-station

Illustration Picture

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki kuliner legendaris yang khas dan menarik untuk dicoba. Sama halnya dengan Surabaya. Jika Anda berkunjung ke kota ini, ada beberapa rekomendasi kuliner legendaris yang bisa Anda coba. Selain menawarkan cita rasa yang khas, kuliner legendaris ini tentu akan memberi pengalaman kuliner baru bagi Anda!

1. Sate Ayam Lisidu

Menjadi salah satu kuliner yang sudah terkenal di Surabaya, Sate Ayam Lisidu sudah terkenal menggunakan daging ayam berkualitas. Berbeda dari sate pada umumnya, Sate Ayam Lisidu diolah dan disajikan dengan 4-5 potong daging yang langsung dibakar di atas bara api. Sebelum dibakar, sate ini akan dimasak bersama campuran rempah. 

Anda juga bisa memilih bagian sate sesuai dengan selera, mulai dari paha, dada, hati, ampela, sampai kulit.

Baca Juga: Healing di Kota Surabaya dengan 5 Restoran Nuansa Alam Ini!

2. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye merupakan kuliner legendaris yang tak pernah sepi pengunjung. Menu andalan yang banyak diincar di Warung ini adalah seporsi nasi pulen hangat, ikan pari (iwak pe) dan sambal pedas. Tak banyak warung penyet yang menyediakan menu ini. Menu lain yang ditawarkan adalah ayam goreng, telur dan tempe goreng.

Selain menu andalan tersebut, Sego Sambel Mak Yeye semakin istimewa dengan sambalnya yang terbuat dari ulekan tomat, cabai, terasi, bawang putih, bawang merah dan garam. Bagi Anda yang tidak terlalu suka pedas bisa minta untuk ditambah gula supaya sedikit lebih manis ketika memesan makanannya. Warung Sego Sambel Mak Yeye ini buka setiap malam dari pukul 21.00 hingga jam 04.00 pagi.

Sego Sambel Mak Yeye berlokasi di  Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur

3. Zangrandi Ice Cream

Zangrandi Ice Cream menjadi kedai Ice Cream legendaris di Surabaya. Ice cream yang dijual menggunakan bahan-bahan alami, seperti susu sapi segar, gula pasir, dan buah-buahan. Ada berbagai menu ice cream yang bisa Anda coba, termasuk ice cream klasik dengan cita rasa yang khas. Beberapa diantaranya, yakni es krim tutti-frutti, kopyor, Macedonia, dan masih banyak lagi.

Kedai Ice Cream Zangrandi termasuk sebagai bangunan cagar budaya di Surabaya. Kedai Ice Cream Zangrandi berlokasi di Jl. Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga: 6 Cafe Aesthetic di Surabaya, Cocok Buat Ngopi Sambil WFC!

4. Depot Bu Rudy

Menjadi kuliner legendaris lainnya di Surabaya, Depot Bu Rudy menyediakan sambal bawang sebagai salah satu produk andalan yang terkenal hingga ke luar kota. Ada sejumlah menu andalan yang bisa dicoba oleh para pecinta kuliner di depot Bu Rudy. Beberapa menu favorit di sini adalah Nasi udang empal, nasi campur, nasi pecel, nasi bakar, nasi ayam goreng dan nasi ayam bumbu rujak.

Selain itu, ada aneka sambal yang juga juga bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Adapun sambal yang bisa dipilih yaitu sambal bawang, sambal bajak dan sambal ijo.

Depot Bu Rudy berlokasi di beberapa tempat di Surabaya, yaitu Jalan Dharmahusada No.140, Jalan Anjasmoro No.45 dan Jalan Raya Kupang Indah No.5.

5. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Menjadi kuliner legendaris yang terkenal di seantero Surabaya, Lontong Balap Pak Gendut merupakan kuliner yang wajib Anda coba.  Lontong balap ini terdiri dari lonton, tahu goreng, Lentho (semacam perkedel) tetapi diracik dari singkong dan kacang tolo, ditambah dengan toge, dan disiram dengan kuah yang gurih. 

Untuk menikmati makanan ini anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, karena makanan ini dapat dinikmati dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong di Surabaya, Suasana Cozy Bikin Betah!

6. Sate Karak

Sate Karak merupakan kuliner unik dan enak yang terbuat dari jeroan sapi. Bukan hanya disajikan dengan bumbu gurih dan nikmat, sambal yang digunakan pada sate ini juga menggugah selera. Sate ini terbuat dari potongan jeroan sapi, lalu dilumuri bumbu rahasia dan dibakar, kemudian dinikmati dengan nasi ketan hitam serta ditaburi bumbu kelapa di atasnya yang disebut sambal bubul. Itulah gambaran dari Sate Karak khas Ampel, Surabaya.

Sate Karak ini berlokasi di Jalan Ampel Lonceng No. 60, Ampel, Semampir, Surabaya.

7. Rawon Nguling

Rawon Nguling menjadi warung rawon legendaris karena sudah dibuka sejak tahun di Nguling, Pasuruan. Meski begitu, rawon tersebut sudah membuka cabang di berbagai daerah, termasuk Surabaya.

Warung Rawon Nguling buka setiap hari mulai dari jam 07.30 pagi sampai dengan jam 21.00 WIB. Rawon nguling ini memiliki kuah yang tidak terlalu kental. Serta disajikan dengan tauge dan lauk pendamping, seperti gorengan dan telur asin. Menu yang ditawarkan juga tidak hanya rawon, namun ada rawon iga dan juga rawon buntut.

Rawon Nguling berlokasi di Jl. Raya Kendangsari Industri No.41B, Kendangsari, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya, Jawa Timur